Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes, tohowab


Penderita diabetes barang kali pernah mendengar bahwa mereka sangat dilarang mengkonsumsi buah-buahan. Well, it’s not true! Meskipun mempunyai penyakit diabetes, anda masih dapat menjaga kesehatan dengan konsumsi buah – namun sebab buah kaya karbohidrat, hal tersebut dapat menambah gula darah. Ingat, buah yang terdapat indeks glikemik tinggi dapat menciptakan gula darah naik dengan lebih cepat. So, alangkah baiknya anda membatasi konsumsi 7 buah berikut.

1. Mangga

Yup, tidak susah untuk mencicipi satu buah mangga besar sebab rasanya memang paling lezat! Namun faktanya ialah, satu buah mangga berisi kurang lebih 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Bila anda sedang mengidam buah mangga, batasi porsi dengan memakan ½ porsi saja. By the way, semakin matang mangganya, semakin tinggi lo indeks glikemik yang akan menambah gula darahmu.

2. Anggur

Siapa sih yang tidak tergiur dengan kesegaran buah anggur yang lezat? Sayangnya, anggur mempunyai kadar gula yang lumayan tinggi. Karena satu buah anggur kecil berisi 1 gram karbohidrat, se baiknya anda tidak memakan secara berlebih dengan memberi batas konsumsi anggur sampai 15 buah saja. Did you know? Kandungan karbohidrat dari 15 buah anggur sama dengan 1 ¼ cup buah stroberi!

3. Ceri

Apakah kamu dapat menghentikan diri ketika mengemil buah ceri? Karena orang sering kali menikmati rasa buah ceri dan memakannya secara berlebihan, buah itu dapat mendongkrak gula darah secara cepat. Sama dengan anggur, satu buah ceri berisi 1 gram karbohidrat.

4. Nanas

Rasa buah nanas yang manis memang nikmat, terutama bila buah itu sudah matang sekali. Oleh sebab itu, buah nanas sepertinya makanan yang berisi indeks glikemik tinggi. Bagi penderita diabetes, batasi konsumsi buah nanas dengan saran penyajian sejumlah ½ cup saja. Gabungkan dengan makanan yang kaya protein contohnya low-fat Greek yogurt berfungsi menyeimbangkan diet. Oh iya, hindari lah nanas kalengan yang bergula!

5. Pisang

Buah pisang memang kaya akaan zat potasium yang baik guna kesehatan tubuh, tetapi satu buah pisang berukuran sedang mempunyai kandungan karbohidrat sejumlah dua kali lipat di bandingi buah lain. Maka dari itu, penderita diabetes usahakan mengkonsumsi ½ porsi saja.

6. Buah Kering

Kismis dan buah kering lainnya memang sangat cocok dijadikan topping yogurt atau sereal, tetapi sebenarnya berisi karbohidrat yang lumayan tinggi. Bayangkan, kandungan karbo dari dua sendok teh kismis sama dengan satu cup buah raspberry! Hindari sifat mengemil buah kering dengan buah segar supaya menurunkan kadar gula dalam tubuhmu.

7. Jus Buah

Jus buah murni usahakan dihindari penderita diabetes. Bayangkan saja berapa buah jeruk yang dipakai untuk mengolah satu gelas jus! Jus jeruk sejumlah 240 ml tidak berisi serat sama sekali, tetapi akan memenuhi tubuhmu dengan 30 gram karbohidrat dan 30 gram gula. Ditambah lagi, tubuhmu cerna cairan dengan mudah, maka karbo dan gula bakal diproses tubuh secara lebih cepat. Meskipun tidak menciptakan kenyang, jus pun dapat menambahkan kalori dan mengakibatkan naik berat badan. Um, no thanks! Maka dari itu, jus buah hanya boleh untuk anda yang sedang alami gula darah rendah.                       

Sekian semoga bermampaat ya.
Previous
Next Post »